Welcome To My Private Blog, Have Fun ^^

Sabtu, 08 Agustus 2015

Tutor WebServer di Receiver (Stream Lokal menggunakan Android)

Akhir-akhir ini di dunia persatelitan lagi gempar-gemparnya fitur webserver. Banyak orang-orang yang masih bingung dalam pengoprasiannya.
Oke, disini saya memberikan tutor Webserver serta gambarnya biar lebih mudah.

Disini saya menggunakan receiver Getmecom Z (sudah di upgrade ke SW XCruizer, SW ada di forumnya) dan bisa juga menggunakan Kaonsat iMAX 899HD.

Alat Tempurnya
- Hape Android
- USB Wifi Stick (untuk Kaonsat iMAX 899HD, tetapi pengguna Getmecom Z, sudah tidak perlu karena sudah ada WiFi Adapter di receivernya)
- Router (Bagi yang menggunakan media ini, tidak perlu Wifi Stick)

Tapi disini, saya menggunakan Hape Android untuk Tethering (HotSpotnya). Bagi pengguna router, sama saja kok. Yang pasti Hape Android dan Receiver harus terkonek dalam satu jaringan. Oke, lanjut.

TAHAP PERTAMA
Menu >> Setting >> Network Setup (Ethernet Config untuk di iMAX) >> Pastikan Link Typenya Wifi Network, lalu pilih Config >> lalu akan timbul tampilan begini
Yapp,, itu nama HotSpot saya, dan tekan OK. 
(nb: Jika belum timbul, silahkan tekan tombol merah. Masih tidak?? Pastikan Hotspot On di Android rekan-rekan)

TAHAP KEDUA
Setelah tekan OK, akan timbul seperti gamber di bawah ini.
Masukan Password, Auto Link di centang, lalu LINK.

TAHAP KETIGA
Tunggu beberapa detik (sekitar 10 detik), lalu Pilih More, maka timbul gambar berikut.
Itulah IP Receiver rekan-rekan (di bulat merah), di INGAT dan lanjut ke tahap berikutnya

TAHAP KEEMPAT
Menu >> Setting >> Network Setting (Ethernet Config di iMAX) >> Webserver >> Pastikan Switch On. Lihat gambar berikut

TAHAP KELIMA
Mainkan hape Android rekan-rekan. Gunakan aplikasi Video Player yang support Stream (di rekomendasikan menggunakan VLC Player atau MX Player. Saya menggunakan MX Player).
Buka Aplikasinya, Pilih Network Stream
Kemudian masukan IP Receiver rekan-rekan lalu portnya.

Getmecom Z: http://IP Receiver:9890/live.ts
Kaonsat iMAX 899HD: http://IP Receiver:80/live.ts

contoh seperti gambar di bawah
Penjelasan sedikit
192.168.43.170 << IP di Receiver
9890 << Port

TAHAP KEENAM
Clingggg,,,

Tips:
Untuk pengguna KaonSAT iMAX 899HD, gunakan TS Delay agar tidak patah-patah. TS Delay sekitar 1 atau 2 detik.

nb:
- Selama saya menggunakan Webserver ini, tidak lancar untuk channel HD untuk di Android saya. Gunakan media Kabel RJ45 dan Laptop untuk memutar channel HD (Pastinya dengan VGA yang bagus).
- Ingat, kita disini hanya memerlukan IP Receiver agar webserver bisa digunakan
- IP Receiver tidak permanen. IP Receiver akan berubah jika rekan-rekan terkonek dengan perangkat yang berbeda. Contohnya saja, IP Receiver terhubung dengan Hape Android akan berbeda dengan IP Receiver yang akan terhubung dengan Router.

Koreksi jika ada kesalahan.,
MASIH BINGUNG, LANGSUNG SAJA CHAT SAYA DI WHATSAPP.... 

Trims to Forum Getme dan Kaonsat di Facebook untuk berbagi tutornya. Disini saya hanya membantu rekan-rekan yang belum bisa. Jadi dibaca bener-bener.

14 komentar:

  1. IP receiver bisa di buat static biasanya di bagian config mode,, saya juga menulis untuk Skybox A5

    http://www.satelitindonesia.com/2015/07/cara-setting-router-ke-receiver.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp mas,, pke kabel LAN (biasa di sebut RJ45) hubungkan ke laptop biar makin jos :D

      Hapus
    2. Caranya gimana bos saya pake mr3420

      Hapus
  2. Om,,ch yg kliatan via web server bisa kita pilih? atau harus ngikut dgn tampilan di rx?

    BalasHapus
  3. Mohon bimbingannya gan...masih belum bisa connect....kalau skybox f1+ sama apa beda confignya? Trus spesifikasi android apa pengaruh?
    Makasih sebelume....moga succes selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. angkat tangan mas untuk skybox F1+, belum pernah coba :D

      Hapus
    2. Sama saja bro sy pke f1+ josss bro

      Hapus
  4. Kalau pengen banyak channel yang di stream. apakah harus banyak receiver juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasti,, yang di resiver sama dengan channel yang muncul di webserver

      Hapus
  5. Mas saya mau nanya, kok webserver getmecom z saya gk mau open y? Di rx udah ok, ip sesuai rx di ping dari pc ke rx juga gk mau replay. Inet pake indohome spe**dy

    BalasHapus
  6. Punya saya sudah bisa cuma apakah bisa menonton dengan chanel berbeda dengan di receiver

    BalasHapus
  7. Punya saya sudah bisa cuma apakah bisa menonton dengan chanel berbeda dengan di receiver

    BalasHapus